Jumat, 01 Juli 2011

MAHLIGAI CINTA

" Wahai orang - orang yang beriman, tidak halal bagi kamu untuk mewarisi perempuan dengan cara paksa. Dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil sebahagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya. Kecuali apabila mereka melakukan perbuatan keji yang nyata. Dan bergaulah dengan cara yang baik. Jika kamu tidak menyukai mereka (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah manjadikan kebaikan yang banyak padanya. " (An-Nisa:19)

Pernikahan adalah tali suci yang harus dibina dan senantiasa dirawat maka hendaknya bagi suami dan istri memperhatikan perkara-perkara sebagai berikut :
  • Saling mencintai dan menyayangi " Dan diantara tanda - tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepada-Nya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir." (QS.Ar-Rum:21)
  • Bersikap baik terhadap istri " Sesungguhnya orang yang paling baik diantara kalian adalah orang yang paling baik kepada istrinya, dan saya adalah orang yang terbaik diantara kalian terhadap istri-istriku. " (HR. Ath-Thahawi dari hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas. Al-Hakim berkata sanadnya shohih)
  • Bersikap lembut dan janganlah berlaku kasar " Nasehatilah para wanita itu dengan baik. Karena mereka itu diciptakan dari tulang rusuk. Sedangkan tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Jika engkau memaksa meluruskannya maka engkau akan mematahkannya. Tetapi jika engkau membiarkannya, ia akan terus bengkok. Karena itu nasehatilah wanita dengan baik-baik." (HR. Al-Bukhari dan Muslim). "...Bergaullah dengan mereka secara patut... " (An-Nisa:19)
  • Menyenangkan istri " dalam riwayat Aisyah: Rasulullah shalat dalam keadaan duduk dan membaca dalam keadaan duduk. Dan bila masih tersisa dalam bacaannya sekitar 30 atau 40 ayat, beliau berdiri dan membacanya dalam keadaan berdiri. Kemudian beliau ruku' dan sujud. Dan beliau lakukan hal itu pada rakaat kedua bila beliau menunaikan shalatnya. Jika aku bangun, beliau berbincang-bincang denganku dan bila aku tidur beliau juga tidur." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
  • Janganlah memukul wajah " ....Hendaknya kalian saling mengingatkan, berlaku baiklah terhadap wanita, karena mereka itu disisimu bagaikan lahan. Kalian tidak boleh bersikap sewenang-wenang terhadap mereka kecuali jika mereka melakukan perbuatan keji, hukumlah mereka dengan berpisah tempat tidur, dan pukulah mereka dengan pukulan yang tidak menyakitkan. Apabila mereka patuh kepada kalian, maka janganlah kalian melakukan penyimpangan atau kezhaliman kepada mereka. Sesungguhnya, kalian mempunyai hak atas mereka, dan istri-istrimu juga mempunyai hak atas kalian. Adapun hak kalian atas istri-istri kalian adalah menjaga kehormatannya dari sentuhan orang lain dan tidak mengizinkan orang-orang yang tidak kalian senangi masuk ke dalam rumah. Hak mereka atas kalian ialah memperhatikan dengan baik kebutuhan-kebutuhan mereka, baik makanan atau pakaian. " (HR.Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Majah)
  • Jangan menelantarkan istri " Seseorang cukup dipandang berdosa bilamana ia menelantarkan orang yang ditanggungnya (istri dan keluarganya). " (HR. Abu Dawud, An Nasai)
  • Taatlah kepada suamimu "  Seorang istri yang menunaikan shalat lima waktu, memelihara kehormatannya, dan patuh kepada suaminya, maka ia akan masuk surga dari pintu mana saja yang ia kehendaki. " (HR Ath-Thabrani, Ibnu Hibban)
  • Milikilah sifat Amanah >>> Janganlah sekali-kali satu dari keduanya mengkhianati yang lain, karena suami istri tak ubahnya dua orang yang sedang berserikat, sehingga dibutuhkan sifat amanah, menerima nasihat, jujur dan ikhlas diantara keduanya dalam segala kondisi. Dan tumbuhkan rasa saling percaya, jangan sekali-kali terkotori dengan keraguan terhadap kejujuran, amanah, dan keikhlasannya.
""Diambil dari buku seri souvenir pernikahan  "Mahligai Cinta" karya Abu Abdirrohman Amr Bin Suroip, pustaka Al-jurumiyah ""

Tidak ada komentar:

Posting Komentar